Sejarah Desa


Peta Sosial Panaongan




       Konon lima abad yang lalu berdirilah sebuah pesantren di tepi pantai  utara bagian barat Keraton Sumenep. Di desa ini terdapat pesantren yang disesepuhi oleh beberapa Syekh, Ulama dan Kyai. Sebagian besar dari sesepuh ini berasal dari luar pulau Jawa. Para sesepuh pesantren tersebut yang sangat berperan dalam terbentuknya sejarah Desa Panaongan ini. Nama Desa Panaongan berasal dari Bahasa Madura yang berarti Pangaopan yang artinya adalah tempat berteduh dalam Bahasa Indonesia.
          Beberapa tahun kemudian, maka mulailah dibentuk pemerintahan untuk mengurusi Desa Panaongan ini, Pemerintahan di desa Panaongan ini terbentuk setelah mencapai mufakat atas musyawarah yang melibatkan tokoh masyarakat desa pada saat ini yang diambilkan dari nama Panaongan. Adapun nama nama sesepuh yang pernah menjadi kepala pemerintahan di Desa Panaongan:
  1.  Asta Buju' Panaongan
           - SYEKH AL ARIF ABU SAID
              Sejak tahun 1796 sampai dengan 1820
          - NYAI UMMU NANTI
             Sejak tahun 1820 sampai dengan 1828
          - NYAI SARIMI
             Memimpin pada tahun 1847
  2. Seorang Ulama
          - KYAI SYAFI'IE
             Beliau memerintah selama 43 tahun saat beliau berusia 55 tahun. Kyai Syafii'e juga dikebumikan di Asta Buju' Panaongan.
  3. Ulama
          - KYAI MUHAMMAD ALI
             Tak jauh berbeda dengan Kyai Syafi'ie. Kyai Muhammad Ali juga memerintah Desa Panaongan selama 43 tahun pada saat beliau berusia 50 tahun.
  4.  Kepala Desa Pertama
    Ini adalah kali pertama Desa Panaongan menggunakan nama kepala desa sebagai pemimpin pemerintahan di desanya. Beliau menjabat sebagai kepala desa sejak tahun 1943 sampai dengan 1954, beliau bernama P.MUALLIM
  5. Kepala Desa Kedua
    MASTURYA 
    Beliau memerintah Desa Panaongan pada saat berusia 46 tahun. Namun, beliau hanya memerintah selama satu tahun yakni pada tahun 1955-1956. Ini dikarenakan beliau memiliki masalah dalam hal pemerintahan.
  6. Kepala Desa Ketiga
    H. MOH ALI
    Beliau memerintah Desa Panaongan saat berusia 54 tahun. Beliau menjabat sebagai kepala desa selama 32 tahun lamanya yakni sejak tahun 1956 sampai dengan tahun 1988.
  7. Kepala Desa Keempat
    IMAMUL WATHANI Beliau memerintah Desa Panaongan pada saat usia 52 tahun. Beliau menjabat sebagai kepala desa selama 8 tahun yakni pada tahun 1990 sampai dengan 1998.
  8. Kepala Desa Kelima
    AGUS SALAMBeliau memerintah Desa Panaongan pada usia 43 tahun. Beliau menjabat sebagai kepala desa selama 8 tahun yakni sejak tahun 1998 sampai tahun 2006.
  9.  Kepala Desa Keenam
     AMIRUSADI
     Beliau memerintah desa Panaongan pada usia yang relatif muda yakni pada usia 30 tahun. Beliau adalah kepala desa yang aktif dalam memerintah Desa Panaongan sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang. 
         

Post a Comment