Kebersihan merupakan sumber kenyamanan bagi individu yang tinggal di suatu tempat, tak terkecuali di Desa Panaongan. Oleh karena itu, kelompok KKN 61 UTM mengusulkan program Bersih Desa (Kerja Bakti). Bersih desa merupakan kegiatan yang dilakukan bersama sama atau gotong royong dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dalam kegiatan ini, bersih desa bertujuan untuk membersihkan tempat tempat yang memang membutuhkan perhatian dalam menjaga kebersihan. Bersih desa diadakan pada tanggal 22-24 Juli 2019(selama 3 hari).
          Dalam kegiatan ini, terdapat alat yang dibutuhkan seperti sapu ijuk, sapu lidi, tempat sampah, kain pel dan cikrak. Daerah yang akan kami bersihkan adalah seperti kawasan Asta Panaongan, berbagai masjid dan lingkungan warga sekitar, seperti menyapu, mengepel, membuang sampah pada tempatnya kemudian membakar sampah yang telah menumpuk. Dengan harapan warga dapat menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Dan agar tidak terjangkit penyakit yang dapat membahayakan bagi warga.
           Tidak hanya melakukan bersih desa saja, kami juga mengadakan kegiatan membuat plang nama setiap dusun yang berada di Desa Panaongan. Dusun yang berada di Desa Panaongan terdapat 7 dusun, yang terdiri dari Sumber Manis, Benteng Selatan, Benteng Utara, Pangarangan, Banasare, Sumur Keramat dan Cempaka. Adanya plang nama dusun ini dikarenakan adanya kekurangan dalam keterangan nama dusun yang menjadi petunjuk bagi warga atau pendatang baru. Jadi kami mengusulkan untuk membuat plang nama setiap dusun di Desa Panaongan. Agar dapat menjadi kenangan ataupun peninggalan dari KKN 61 Universitas Trunojoyo Madura. Alat yang dibutuhkan untuk membuat plang nama setiap dusun terdiri dari kayu, cat kayu, kuas, tinner, pilox dan keterangan nama dusun. Dalam kegiatan ini, kami juga dibantu oleh perangkat desa beserta warga. Plang nama setiap dusun ini akan dipasang di perbatasan dusun tersebut yang bertujuan memudahkan warga dalam mengetahui nama dusun tersebut. Partisipasi warga dan perangkat desa dalam kegiatan ini sangat baik dalam menerima kegiatan kami dengan senang hati. Dan saling membantu dalam menyelesaikan kegiatan bersih desa.












Foto kegiatan pemasangan plang nama dusun di Desa Panaongan








Post a Comment

Lebih baru Lebih lama