Minggu, 12 Agustus 2018

Menumbuhkan kembali karang taruna pada jiwa anak, KKN 35 Gelar Lomba 17 Agustus-an


Kita tahu bukan bahwa tanggal 17 agustus merupakan tanggal yang penting bagi seluruh warga Indonesia. Bagaimana tidak pasalnya pada tanggal tersebut Indonesia dinyatakan bebas dari penjajahan, oleh karena itu seluruh warga Indonesia berupaya menyambutnya dengan semeriah mungkin serta dengan penuh suka cita.

Setiap tanggal 17 agustus dapat kita lihat jalan-jalan akan dipenuhi dengan bendera merah putih, bukan hanya jalan saja tapi di depan rumah-rumah pun akan dipasang hiasan-hiasan serta bendera merah putih.

Sebagai bentuk suka cita dalam menyambut hari kemerdekaan ada berbagai kegiatan yang sering kita ketahui dan berbeda-beda pula di setiap daerahnya, misal seperti di selenggarakannya upacara bendera, pentas seni dan budaya, serta adanya berbagai lomba permainan-permainan daerah yang sejak dulu kita ketahui bisa meramaikan acara 17 Agustus-an. 

Semangat warga Desa Panaongan dalam menyambut hari kemerdekaan pada tahun ini(2018), berbagai perlombaan dilaksanakan untuk memeriahkan semarak 17 Agustus, lomba-lomba tersebut diantaranya:
  1. Lomba Balap Karung dengan Helm,
  2. Lomba Balap Kelereng
  3. Lomba Kepruk Plastik
  4. Lomba Tarik Tambang
  5. Lomba Sepak Bola Joget
Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya anak-anak di Desa Panaongan memiliki semangat yang tinggi dalam menyambut dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. 

Kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk membentuk jiwa bersaing kompetitif , menjadi ajang aktualisasi dan unjuk bakat diri , serta sebagai sarana dinamisasi bagi anak-anak sebagaimana kita ketahui bahwa di Era modern ini anak-anak disibukkan dengan permainan yang ada di Gadget sehingga mereka jarang beraktifitas fisik dan perlahan-lahan mulai meninggalkan permainan tradisional. 

Oleh karena itu, kami kelompok KKN 35 UTM mempunyai inisiatif untuk mengadakan berbagai macam lomba kemerdekaan sebagai daya juang karang taruna. Selain itu adanya perlombaan ini juga dapat menanamkan semangat cinta tanah air dan membangun semangat kebangsaan bagi anak-anak di Desa Poteran.


Keseluruhan lomba ditujukan kepada anak-anak di Desa Panaongan. Perlombaan-perlombaan yang di selenggarakan ini di ikuti oleh lebih dari lima puluh orang anak-anak dari berbagai usia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 05 s/d 09 Agustus 2018. Semua peserta lomba sangat antusias dalam mengikuti perlombaan-perlombaan yang di selenggarakan. Selain itu para orang tua juga ikut menyaksikan setiap perlombaan sehingga kegiatan ini menjadi semakin meriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAMERAN DARING DISEMINASI ONLINE