Sabtu, 21 Juli 2018

Upacara Pembukaan KKN 35 UTM Kecamatan Pasongsongan

Foto: Dari kanan depan(Dosen Pembimbing Lapangan, Sekretaris Kecamatan, Perwakilan LPPM)

Sumenep– Acara pembukaan KKN Tematik Semester Genap 2017/2018 UTM dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Madura pada jam 09.00 wib Rabu (18/07/2018), Dibeberapa wilayah madura tersebut meliputi Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Bangkalan.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa elemen dari kecamatan termasuk perwakilan perangkat-perangkat desa yang bersangkutan. Pelaksanaan KKN tersebut dilakukan selama 26 hari dan kemudian akan berakhir serentak pada tanggal 12 Agustus 2018 dengan penarikan mahasiswa KKN di kecamatan setempat.

Salah satu acara pembukaan yang terjadi di Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep ini dihadiri oleh beberapa elemen kecamatan, perwakilan dari masing-masing desa, dan seluruh kelompok KKN UTM yang ada dipasongsongan yang terdiri dari 6 Desa terpilih oleh lppm yaitu Desa Campaka, Desa Padangdangan, Desa Panaongan, Desa Lebeng Barat, Desa Soddara, dan Desa Pasongsongan.

Pada pelaksanaannya acara tersebut dipimpin langsung oleh sekretaris kecamatan dan didampingi oleh pihak lppm dan dosen pembimbing lapangan.

Sekretaris kecamatan menghimbau kepada seluruh peserta kkn untuk melakukan yang terbaik apa yang diperoleh dikampus dapat diimplementasikan kepada masyarakat setempat dan tentunya bermanfaat untuk kemajuan desa tersebut.

Disamping itu bapak sekretaris kecamatan menyampaikan untuk mengikuti kulture yang ada dimadura, “sebab tradisi dan adat yang ada dimadura terutama pada masyarakat desa tentunya sangat berbeda dengan dikota, kadang yang dianggap oleh masyarakat kota itu biasa dianggap tabu oleh masyarakat desa, jadi kita harus menyesuaikan dengan kulture desa, sikap dan ucapan yang sopan“, Imbuhnya.

“Selama melakukan pengabdian masyarakat mahasiswa diharapkan dapat merubah desa menjadi maju sekalipun perubahan itu tidak maksimal, setidaknya ada kemajuan sedikit dari masyarakat desa tersebut”, Tuturnya.
Acara tersebut kemudian dilepas oleh Bapak sekretaris kecamatan selaku perwakilan dari bapak camat yang berhalangan untuk hadir dan diakhiri dengan prosesi foto bersama seluruh elemen Kecamatan, Perwakilan Desa, Perwakilan LPPM, Dosen Pembimbing Lapangan dan seluruh kelompok KKN yang ada dipasongsongan.

Sebagian Kelompok KKN ada yang mengabadikan moment tersebut dengan berfoto bersama Dosen Pembimbing Lapangan dan Perwakilan Aparat Desa, tidak ketinggalan juga dengan Kelompok KKN 35 yang mengabadikan moment tersebut dengan Dosen Pembimbing Lapangan dan Perwakilan Aparat Desa. Berikut adalah moment-moment yang terekam oleh kamera kami.

Foto: Keceriaan bersama elemen Kecamatan, elemen Desa, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Lppm selepas acara pembukaan KKN UTM 2018 di Kantor Kecamatan Pasongsongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAMERAN DARING DISEMINASI ONLINE